Tips Cara Menjaga Anak Agar Tidak Mudah Sakit

cara mengajarkan anak 
Cintamela.com – Halo Bunda, bertemu kembali dengan kami di sesi Ibu dan Anak cintamela.com, kali ini Kami akan memberikan sebuah ilmu untuk menjaga kesehatan anak agar tidak mudah sakit, yang tentunya Insya Allah bermanfaat. Langsung saja ya Bunda, Anak merupakan sebuah anugerah yang diberikan Tuhan untuk Kita, maka dari itu sebagai orang yang bertanggung jawab untuk menjaga titipan tersebut tentu Kita harus memperhatikan segi aspek kehidupan anak terutama masalah kesehatan. Semua pasti sudah tahu kalau pada saat musim pancaroba datang, anak Kita akan mudah tejangkit dengan penyakit, entah itu demam atau penyebab penyakit lainnya. Nah, pasti kalau anak Bunda sakit pasti rasanya kasihan melihat nya kan Bunda? Maka dari itu kali ini Kami akan memberikan Tips bagaimana cara menjaga kesehatan anak agar tidak muda sakit. Berikut tipsnya Bunda :

1. Perhatikan pola makan Anak

Agar anak tidak mudah sakit, Bunda harus memperhatikan pola makan anak serta kebutuhan gizi lainnya seperti vitamin dan nutrisi. yang pasti beri makan anak Bunda dengan teratur dan terjadwal, dan tidak lupa juga untuk memberikan makanan 4 sehat 5 sempurna, karena jika ini terpenuhi, anak Bunda akan cukup mendapatkan asupan gizi sehingga imunitasnya pun semakin kuat, jadi anak tidak akan mudah untuk sakit

2. Menjaga kebersihan anak

Kita semua pasti sudah tahu kalau kotoran dan kuman merupakan sarang penyakit, bahkan bibit penyakit yang terdapat di dalam kotoran akan mudah berkembang, untuk itu sebagai orang tua yang sangat menyayangi anaknya, Bunda harus wajib menjaga kebersihan sekitar serta makanan yang dimakan anak, dan hal yang perlu diperhatikan juga adalah menjaga kebersihan gigi, kuku, dan pakaian anak, karena dari itulah sumber terkecil kuman untuk menyerang sistem imunitas atau kekebalan tubuh anak.

3. Berikan Anak istirahat yang cukup

Istirahatkan anak yang cukup agar anak Bunda dapat meringankan beban pikiran otaknya selama dia berada di sekolah atau dirumah, selain itu beristirahat yang cukup juga dapat membantu tumbuh kembang anak secara baik. berikan waktu istirahat yang cukup untuk anak, usahakan berikan anak istirahat 8 jam sehari agar anak tetap sehat dan tidak gampang sakit.

4. Cepat bertindak saat terjadi apa-apa pada anak

Apa sih yang dimaksud cepat bertindak disini? maksudnya adalah agar Bunda harus cepat bertindak saat terjadi apa-apa dengan anak Bunda, entah itu masalah di sekolah, dirumah, atau dengan teman-temannya, karena jika Bunda selalu tanggap dengan keluhannya maka perasaan beban anak akan berkurang, sehingga mengurangi anak untuk berpikir keras yang akan membuatnya gampang sakit. tanyakan apa masalahnya dan berikan solusi serta berikan dorongan dan pujian pada anak, agar beban pikiran anak bisa berkurang.

Agar hal-hal yang tidak di inginkan terjadi sebaiknya Bunda harus cepat tanggap jika sesuatu terjadi masalah pada anak, contohnya ketika anak sedang sakit kepala, demam, batuk atau penyakit lainnya, bawalah segera ia ke dokter dan jangan pernah remehkan sakitnya. Selain itu juga harus perlu mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan secara mandiri, agar anak bisa menjaga kebersihan dirinya sendiri saat Bunda sedang tidak ada dirumah. Cukup sekian Bunda artikel tentang cara menjaga kesehatan anak agar tidak mudah sakit. jangan lupa ya Bunda agar membagikan artikel Ibu dan Anak ini ke teman-teman Bunda. semoga bermanfaat.

Selasa, 17 Maret 2015

0 komentar: